anna dwi sudaryanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Dieng, yang Menakjubkan!

Dieng, yang Menakjubkan!

Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang telah kami lalui beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 28 Desember 2015. Dimana kami bersama keluarga melakukan perjalanan dari Gunungkidul menuju bukit Dieng, Jawa Tengah. Perjalanan dimulai dari keberangkatan kami dari rumah pukul 06.00, dengan sebuah gerobak putih yang hanya muat maksimal 8 orang. Dengan segala persiapan bekal yang sudah persiapkan sehari sebelumnya, berbagai bekal kami bawa dari perlengkapan sholat, mandi, payung, dan yang tidak bakal lupa yaitu bekal makananan serta minuman. Kami sudah membayangkan dengan perjalanan yang lumayan jauh perlu bekal yang siap tersedia.

Dalam perjalanan ternyata tidak selancar yang kami pikirkan sebelumnya. Berbagai hambatan kami dapatkan selama perjalanan; dari kemacetan jalan, pengisian bahan bakar baik kendaaran maupun orangnya, smua itu mengurangi waktu perjalanan untuk bisa lebih cepat sampai disana. Setelah berapa waktu berjalan akhirnya kami sudah memasuki wilayah Wonosobo yang sudah tidak begitu jauh lagi akan sampai ketempat tujuan. Saat mulai memasuki wilayah Bukit Dieng yang begitu dingin menusuk kulit saat itulah berbagai perasaan campur aduk, antara senang, kagum, dan was-was takut tergelincir ke jurang karena melihat jalan yang berkelok-kelok sangat tajam.

Akhirnya, kami sampai di puncak. Dengan perasaan lega kamipun turun dari mobil dan sesaat terpukau dengan keindahan yang ada disana. Dengan barbaju hangat dan bertopi tebal, serta menggunakan masker agar tidak kedinginan, kamipun melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menelusuri berbagai wisata disana. Tidak ketinggalan juga payung karena pada saat itu kebetulan hujan. Dari berbagai tempat yang paling menarik adalah sebuah kawah gunung yang bernama Kawah Sikidang. Tempat itu kami rasa begitu indah meskipun bau belerangnya menyengat. Karena kita bisa melihat gumpalan-gumpalan kawah yang menggelembung dengan jarak dekat. Sungguh menakjubkan! Selain kawah Sikidang masih banyak tempat lain yang begitu menarik seperti bangunan candi Arjuna, candi Gatut Kaca, telaga warna, dan masih ada beberapa tempat menarik lainnya.

Tidak lupa kami disuguhi dengan sebuah pemutaran film seputaran gunung Dieng, dari saat terjadi letusan gunung sampai upacara ruwatan anak yang berambut gembel. Menurut legenda pendiri Wonosobo, Kiai Kaladete konon bersemayam di Telaga Balaikambang. Sebab itu, secara turun temurun, bocah gembel lebih dimanjakan oleh orang tuanya. Sebab, diyakini ia bukan sekadar anak, melainkan titipan dari penguasa alam lain Dataran Tinggi Dieng. Ia dimanja. Segala permintaanya nyaris selalu dipenuhi orang tuanya. Pendek kata, bocah gembel adalah raja dan ratu bagi warga Dieng dan keturunannya. Usai diruwat, rambut bocah gembel diyakini akan tumbuh normal sampai dewasa kelak. Nyaris tak pernah ada cerita anak gembel rambutnya kembali tumbuh gimbal usai menjalani upacara potong rambut.

Setelah beberapa waktu kami menikmati keindahan disana, akhirnya kami bersiap siap untuk kembali pulang. Dengan perasaan senang, kagum, dan bangga atas keindahan dan pesona bukit Dieng kamipun akhirnya sampai di rumah dengan perjalanan yang lancar. Sungguh, akan menjadi sebuah kenangan yang tak pernah akan terlupakan. Semoga bukit Dieng akan tetap menjadi tempat wisata yang indah dan mengagumkan dengan segala kehijauannya.

Ditulis oleh :

ANNA DWI PURWANTI, S.E., S.Pd.

SDN Belang Patuk

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

cerita perjalanan yang menarik..

06 Dec
Balas

terimaksih pak, maaf kalo belum pas krn baru belajar . Masih bingung yang mau di ceritakan.

06 Dec

Senengnya....bisa jalan-jalan. Saya belum pernah ke Dieng. Salam literasi mbak.....

05 Dec
Balas

Hehehe,,, langsung gas kesana mbak. Salam literasi juga......

06 Dec

Wowwww indahnta dieng, namun hanya dalam hayalanku. Sukses selalu dan barakallah

05 Dec
Balas

Aamiin! terimaksih. segera wujudkan impian Anda .....

06 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali